Thursday 31 July 2014

Meniran


Meniran (Jawa), gasau ma dungi (Ternate), Kilaneli (India), memeniran (Sunda), Zhen zhu chao, hsieh hsia chu, kam cao (China), small goose berry (Inggris), Phyllanthus Niruri (Latin)

KHASIAT

Meniran bersifat diuretik, antiradang, pelindung hati, pereda deman, dan penjaga stamina. Herbal meniran digunakan untuk mengobatik penyakit kuning, kencing nanah (gonorrhea), gangguan pencernaan, diabetes, luka pada kulit, diare, radang usus, meredakan sariawan, infeksi saluran kencing, radang hati, dan penambah nafsu makan, penyakit kulit seperti kurap, kudis, kutil, sengatan tawan, dan gatal.

Kandungan Utama flavonoid dan glikosida flavonid menghambat kerja enzim xanthine dan superoksidase. Kedua efek ini digunakan dalam pengobatan asam urat dan batu ginjal. Pemakaian meniran sebagai obat ginjal harus dilakukan dengan hati-hati. Ibu hamil dilarang meminumnya karena meniran bersifat menggugurkan kandungan. Penderita dengan angguan ginjal akut sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan meniran. Pemakaian dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan gangguan disfungsi ereksi dan gagal ginjal.

No comments:

Post a Comment